August 5, 2011

Puasa

http://www.smileycodes.infoAssalamualaikum,,,
Firstly, aku mau ngucapin Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan,, semoga ibadah kita diterima oleh Allah swt sampai di akhir ramadhan nanti. amiinn...

Umat Islam di seluruh dunia sekarang sedang menjalankan ibadah puasa. dimulai dari tanggal 1 Agustus hingga nanti insha Allah akan berakhir di tanggal 30. itu menurut kalender. tapi belum pasti juga karena masih akan di diskusikan oleh pemerintah lagi. 
Puasa kita kali ini bertepatan dengan musim yang juga tidak tentu, panas, kadang dingin. angin yang bertiup kencang membuat udara bertambah dingin. apalagi kita yang puasa, harus pandai-pandai menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentunya. karena udara yang tidak tentu seperti ini bisa membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. saya, salah satu contohnya. Batuk dan pilek yang tidak berhenti sampai sekarang diakibatkan oleh udara yang sangat tidak bersahabat ini. Dengan begitu kadang suka malas jika ingin melakukan sesuatu pekerjaan yang agak berat. karena kondisi badan yang sedikit kurang fit. 

Ada banyak tips yang dianjurkan untuk tetap menjaga kondisi  badan kita tetap sehat disaat berpuasa, salah satunya adalah dengan memakan makanan yang bergizi disaat buka puasa dan sahur. bergizi tidak sama dengan makanan enak lho. Makanan enak belum tentu sehat, kan? perbanyak makan sayuran dan buah-buahan itu lebih baik daripada kita ngemil ataupun makan goreng-gorengan. The most important thing, yaitu pada saat berpuasa di siang hari tentu kita akan kehilangan banyak cairan tubuh yang akan membuat tubuh dehidrasi. So, kita harus banyak minum air putih disaat buka puasa dan sahur, agar kandungan air didalam tubuh kita masih tetap stabil terjaga hingga waktu berbuka. Bisa juga disiasati dengan minum jus buah segar ketika berbuka dan sebelum tidur, selain sehat juga dapat memberikan vitamin untuk tubuh kita dan tubuh dapat menyesuaikan kadar cairan. 

Untuk tambahan energi disiang hari, Sebaiknya kita sahur. karena makan sahur dapat membantu kita tetap bertenaga pada siang hari. Pada saat sahur kita disarankan untuk memakan makanan yang berserat, karena makanan yang berserat itu dapat menunda rasa lapar disiang hari karena tidak gampang dicerna oleh lambung. Makanan yang lambat dicerna itu dapat bertahan 8 jam dibandingkan dengan makanan yang cepat  dicerna yang hanya bisa bertahan selama 3 sampai 4 jam. For your information, makanan yang lambat dicerna itu adalah makanan yang mengandung padi-padian dan biji-bijian seperti gandum, beras coklat/beras merah, oat, bean,tepung gandum, atau lebih singkatnya yang disebut karbohidrat kompleks.

Sayuran terutama sayuran hijau, mengandung banyak serat dan kaya akan vitamin untuk tubuh kita, seperti bayam, buncis, pea, dll. Selain itu mengonsumsi buah juga penting tentunya. Untuk bekal kita dipuasa siang hari, kita harus pintar mengatur pola makan disaat buka dan sahur, agar tidak berdampak kepada penyakit di akhir nanti. karena itu makanan yang dikonsumsi harus seimbang, 4 sehat dan 5 sempurna. It means that, harus ada sayur, buah, daging/ayam/ikan sebagai sumber protein, sumber karbohidrat seperti beras, dan susu.

Guys, selain makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada bulan puasa, ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama melakukan ibadah puasa, antara lain hindari makanan yang digoreng dan berlemak. makanan yang terlalu banyak gula juga tidak baik untuk kesehatan. sebaiknya pada saat sahur, kita tidak boleh makan berlebihan, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang, seperti sunnah Nabi. Hindari juga minum terlalu banyak teh karena akan membuat kita lebih sering mengunjungi toilet/kamar kecil, selain itu  pada saat buang air kecil maka mineral garam yang diperlukan tubuh disiang hari juga akan ikut keluar. The last but not least, buat para pria, sebaiknya hindari merokok. atapun jika susah berhenti, maka lakukanlah secara perlahan. berhentilah beberapa minggu sebelum bulan puasa. Merokok itu sama sekali tidak sehat, bukan?

Insha Allah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti ini, akan membantu kita dalam melaksanakan ibadah puasa dan tetap fit selama melakukan aktivitas. Puasa itu juga salah satu cara untuk menyembuhkan beberapa masalah dalam tubuh kita. Point of Information, Puasa juga merupakan  diet sehat untuk cewek-cewek yang ingin menormalkan berat badan. So, Let's fasting guys!! 


http://www.smileycodes.infoSelamat Puasahttp://www.smileycodes.info 


Sumber Referensi: Majalah Aura Edisi No.28

2 comments:

tuteh said...

Thanks yaaa saya nyari2 ni lagu judule apa :D baru sekarang ketemu wkwkwkwwk :p

ThisIsMe said...

ka tuteh,, lagu yang mana?