January 14, 2017

First Time.

Banyak hal yang menjadi "yang Pertama Kali" dalam hidup seseorang. Baik itu pertama kali bisa berbicara, pertama kali berjalan, pertama kali sekolah, pertama kali berkenalan dengan lawan jenis, pertama kali jatuh cinta (eh baper), pertama kali kuliah, pertama kali kerja, dan lain lain. 
Pertama kali selalu berkesan. Selalu berharga untuk diingat dan dikenang.
Sekedar berbagi, hari ini pengalaman pertama kali saya menguji skripsi dalam sejarah saya kerja menjadi dosen. Sudah hampir 5 tahun, sejak menjadi pengajar di universitas. sejak masih di Jogja dulu, sering membimbing dan membantu teman-teman lain mengerjakan skripsi waktu kuliah sarjana dulu. tapi baru sekarang merasakan menguji mahasiswa bimbingan saya. selain itu, ada perasaan was was ketika mahasiswa bimbingannya di uji oleh penguji lain, ada rasa khawatir kalau-kalau mahasiswanya tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. But I personally proud of myself and proud of my student, karena dia bisa secara cepat mengerjakan apa yang sudah saya koreksi. and I myself bangga karena dia bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan tegas. Suatu kebanggaan tersendiri bukan? mungkin itu yang dirasakan para guru dan juga dosen-dosen pembimbing ketika mahasiswa yang diajar lulus dan berhasil. 

another first time of me, adalah ketika merasa bahwa sudah tidak memiliki waktu untuk bersantai lagi ketika sebenarnya bisa saja leyeh-leyeh bersantai enjoying this life at hometown. tetiba saya menjadi seseorang yang banyak sekali pertimbangannya ketika akan having me time. punya waktu untuk diri sendiri rasanya terlalu mahal, terlalu istimewa. Entah apa yang dipikirkan. tapi itu dengan otomatis hidup dan menyala ketika ada ide untuk santai. Banyak tanggung jawab yang dipikul sepertinya. mungkin memang karena saya pada dasarnya orang yang selalu punya pertimbangan untuk apapun itu, karena pada dasarnya saya banyak berpikir, saking banyaknya berpikir saya malah jadi orang yang plin plan dan  terlalu bersemangat diawal, tapi pada akhirnya tidak menyelesaikan satu apapun. yeah that is me! 
so, the problem is, bagaimana ketika saya harus berusaha berdamai dengan diri sendiri dan membuat otak ini tidak terlalu berpikir banyak dan harus bisa menyenangkan diri sendiri. itu PR terbesar saya saat ini! 

overall, today is one fine day of my life. ada pengalaman baru, ada pelajaran baru. 
sekian.



No comments: